Rangkuman Materi Kelas VI Tema 6 Subtema 1
Pada rangkuman materi tema 6 kelas 6 subtema 1, yang mencakup pembelajaran 1 sampai pembelajaran 6. Dalam rangkuman ini disajikan materi PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP. Berikut ini materi pokok yang ada di subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan.
- PPKn : Pelaksanaan kewajiban, hak dan tanggung jawab sebagai warga negara dan dampaknya di dalam kehidupan sehari-hari.
- Bahasa Indonesia : Membahas tentang informasi yang diperoleh dari teks non fiksi yang dibacanya.
- IPA : Menyebutkan ciri ciri pubertas pada remaja laki laki dan perempuan.
- IPS : Memahami makna proklamasi kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan.
- SBdP : Memahami interval nada.
1. Rangkuman Muatan PPKN
Kompetensi Dasar |
|
3.2 |
Menganalisis
pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta
dampaknya dalam kehidupan sehari-hari |
4.2 |
Menyajikan
hasil analisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga
masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari |
Kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab
Kewajiban
di rumah :
1. Membantu
orang tua
2. Mengerjakan
PR
3. Sholat
tepat waktu
4. Menyapu
halaman
5. Mencuci
piring setelah makan
6. Menghormati
orang tua
Kewajiban di sekolah :
1. Datang
tepat waktu
2. Menjaga
kebersihan
3. Memperhatikan
guru yang sedang mengajar
4. Mengikuti
upacara bendera
5. Menghormati
para guru
6. Piket
kelas
Kewajiban di masyarakat :
1. Membuang
sampah pada tempatnya
2. Mengikuti
kegiatan karang taruna
3. Ikut
dalam kerja bakti
4. Menjaga
kebersihan lingkungan
5. Menjenguk
tetangga yang sakit
Upaya yang dapat dilakukan untuk mengisi kemerdekaan :
No |
Upaya untuk mengisi kemerdekaan |
1. |
Rajin
beribadah sesuai agama |
2. |
Belajar
dengan giat, rajin dan tekun |
3. |
Mengikuti
upacara kemerdekaan dengan hikmat |
4. |
Saling
menghormati antar sesama |
5. |
Mengikuti
perlombaan 17 Agustus yang diadakan Panitia setempat |
6. |
Ikut
serta dalam mengemukakan gagasan/ide/pendapat di dalam kemerdekaan yang ada
di kalangan masyarakat maupun sekolah |
7. |
Ikut
berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang ada di masyarakat |
8. |
Menghormati
dan menghargai jasa tokoh-tokoh kemerdekaan dengan meneladani semangat
kepahlawan. |
9. |
Menjaga
dan memelihara semangat persatuan kesatuan |
10. |
Menolong
orang yang membutuhkan. |
2. Rangkuman Muatan Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar |
|
3.7 |
Memperkirakan
informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi sebelum membaca (hanya
berdasarkan membaca judulnya saja) |
4.7 |
Menyampaikan
kemungkinan informasi yang diperoleh berdasarkan membaca judulteks nonfiksi
secara lisan, tulis, dan visual |
Berikut ini adalah langkah-langkah memperkirakan isi teks berdasarkan judul teks nonfiksi.
1. Perhatikan
judul teks dengan cermat. Judul teks adalah kepala teks yang dapat menyiratkan
secara pendek isi teks.
2. Menentukan
kata kunci pada judul teks nonfiksi. Kata kunci merupakan kata yang mewakili
informasi-informasi penting yang terdapat dalam teks.
3. Memahami
makna dari kata kunci. Dengan memahami makna dari kata kunci, maka kita dapat
menemukan perkiraan isi teks.
4. Memperkirakan
isi teks. Setelah memahami kata kunci, kalian dapat memperkirakan isi teks
berdasarkan judulnya saja.
Membandingkan Perkiraan Informasi Sebelum dan Sesudah Membaca Teks
Kita
dapat memperoleh lebih informasi dengan membaca teks yang tersedia, terkait
dengan judul yang sama.. Untuk menemukan informasi dari teksi nonfiksi:
1.
Menentukan
dahulu pokok-pokok pikiran yang terdapat dalam setiap paragraf.
2.
Menuliskan
informasi dari teks dalam bentuk rangkuman.
Makna
Proklamasi bagi Bangsa Indonesia
1.
Apa judul teks pada bacaan di atas?
Judul
teks pada bacaan di atas adalah Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia
2. Apa kata kunci pada judul bacaan di atas?
Kata
kunci pada bacaan di atas adalah Makna Proklamasi
3. Informasi apa yang diperoleh dari bacaan berdasarkan kata kunci?
Berdasarkan
kata kunci "Makna Proklamasi" informasi yang diperoleh adalah
proklamasi kemerdekaan dapat dijadikan sarana untuk menuju masyarakat yang
sejahtera, adil, dan makmur.
4. Apa yang dapat kamu lakukan sebagai warga masyarakat dalam memaknai kemerdekaan?
Sebagai
warga negara saya memaknail kemerdekaan dengan belajar dengan giat, mengikuti
berbagai perlombaan, dan menjaga persatuan dan kesatuan dengan tidak melakukan
perbuatan-perbuatan yang merugikan masyarakat, belajar lebih tekun untuk
memajukan bangsa, peduli terhadap lingkungan, dan menjaga kerukunan agar
keutuhan NKRI terjaga.
Kerukunan
di Kampung Wonorejo, Papua
1. Bacaan
tersebut berjudul “Kerukunan di Kampung Wonorejo, Papua”
2. Kata
kunci yang terdapat pada bacaan di antaranya: transmigran, kerukunan, perbedaan
suku, agama, dan budaya.
3. Berikut
informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci.
Kampung Wonorejo menunjukkan tentang kerukunan dalam keberagaman. Semua warga kampung hidup rukun walaupun berbeda asal usul suku bangsa, agama, dan budaya. Keragaman suku bangsa menjadi modal sosial dalam pembangunan.
Hubungan
penduduk asli Papua dan warga transmigran tidak mengalami pengkotakan dalam
menjalankan ibadah. Masing-masing tidak menajamkan identitas tradisi atau agama
yang dapat membuat hubungan menjadi terganggu. Sebaliknya, mereka menganggap
bahwa perbedaan budaya dan agama merupakan kekayaan yang harus dilestarikan.
Warga Kampung Kibay dan Kampung Wonorejo tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mereka juga menjaga persatuan dan kesatuan serta selalu menjunjung tinggi semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam segala perbedaan yang ada. Mereka memiliki jati diri sebagai bangsa Indonesia yang beretika dan santun, serta mempunyai jiwa gotong royong, dan toleransi tinggi. Mereka ingin menciptakan kehidupan di bumi Indonesia yang damai tenteram, hidup rukun berdampingan, terhindar dari segala macam bentuk radikalisme, terorisme, konflik sosial, perang saudara, dan ancaman perpecahan.
Teks “Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar Sekolah
1. Bahaya
Pangan Jajanan tidak sehat di sekitar Sekolah.
2. Bahaya
pangan jajanan. Jajanan anak sekolah yang tidak sehat.
3. Bahaya
jajanan anak sekolah yang tidak sehat. Bahwa dalam lima tahun terakhir Badan
POM, menunjukkan, masih banyak jajanan anak sekolah yang tidak sehat. Hasil
pemantauan pangan jajanan anak berkisar 40-44 persen. Bahwa siswa sekolah dasar
cenderung lebih mudah tertarik dengan makanan yang berwarna-warni cerah. Oleh
karenanya, sangat diharapkan peran sekolah untuk menyediakan kantin yang
menjual makanan sehat.
4. Isi
bacaan setelah membaca semua teks sama dengan isi bacaan sesuai kata kunci.
3. Rangkuman Muatan IPA
Kompetensi Dasar |
|
3.2 |
Menghubungkan
ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi |
4.2 |
Menyajikan
karya tentang cara imenyikapi ciri-ciri pubertas yang dialam |
Pubertas adalah merupakan suatu tahap perkembangan seorang anak menjadi dewasa yang berkaitan dengan kematangan organ-organ reproduksinya. Sebagian besar anak perempuan memulai masa puber ketika mereka berusia antara 8 sampai 13 tahun. Sementara pada anak laki-laki, pubertas akan dialami saat mereka memasuki usia 10 hingga 16 tahun.
Ciri-ciri pubertas pada perempuan
1. Tumbuhnya
payudara
2. Mulai
tumbunya rambut tipis di sekitar ketiak dan kemaluan
3. Mengalami
menstruasi
4. Pinggul
melebar
5. Tinggi
badan bertambah
6. Terbentuknya
hormon esterogen
7. Mulai
tumbuh jerawat
Ciri-ciri pubertas pada laki-laki
1. Tumbuh
jakun
2. Mulai
tumbunya rambut tipis di sekitar ketiak dan kemaluan
3. Tumbuh
kumis
4. Suara
mulai berubah
5. Dada
menjadi lebih bidang
6. Terbentuknya
hormon testosteron
7. Tinggi
badan bertambah
8. Mulai
tumbuh jerawat
4. Rangkuman Muatan IPS
Kompetensi Dasar |
|
3.4 |
Memahami
makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya
mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera |
4.4 |
Menyajikan
laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan
kemerdekaan dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera |
Makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia di antaranya sebagai berikut.
1. Proklamasi
sebagai pengakuan bangasa Indonesia telah merdeka dan berdaulat
2. Proklamasi
sebagai puncak perjuangan bangsa Indonesia.
3. Proklamasi
sebagai awal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
4. Proklamasi
kemerdekaan sebagai titik tolak perubahan hukum kolonial menjadi hukum
nasional.
5. Proklamasi
menjadi pintu gerbang menuju masyarakat yang adil dan makmur.
Perilaku positif terhadap makna Proklamasi Kemerdekaan adalah perilaku kreatif, kritis, mandiri, berani membela kebenaran, dan menjunjung tinggi prinsip-prinsip, asas-asas serta tujuan hidup bernegara sebagaimana telah dikumandangkannya Proklamasi Kemerdekaan dan asas kerohanian Pancasila serta nilai-nilai yang terkandung dalam Undang-Undang Dasar 1945.
Perilaku positif terhadap makna Proklamasi Kemerdekaan berarti menghargai perjuangan para pahlawan bangsa. Penghargaan terhadap para pejuang bangsa serta para pahlawan bangsa dapat ditunjukkan dengan berbagai upaya untuk mengisi kemerdekaan guna tercapainya tujuan nasional bangsa Indonesia.
5. Rangkuman Muatan SBdP
Kompetensi Dasar |
|
3.2 |
Memahami
interval nada |
4.2 |
Memainkan
interval nada melalui lagu dan alat musik |
Interval adalah sebuah jangka ( langkah) dari nada ke nada lainnya. Jangka tersebut mempunyai nama tertentu yang disebut nama pangkat. Sebagai contoh jangka c’ ke d’ dalam tangga nada C mayor, d’ adalah langkah kedua. Langkah kedua mempunyai nada pangkat secondo. Interval selalu dibatasi oleh dua nada. Nada pertama disebut nada pangkal, nada kedua disebut nada selang. Sebagai contoh jika dalam tangga nada C mayor, nada c’ kita tetapkan sebagai nada pangkal, diperoleh nama-nama interval sebagai berikut.
Urutan tangga nada C mayor c’ d’ e’ f’ g’ a’ b’ c’’
1. c’
ke c’ adalah langkah ke- 1 disebut prime.
2. c’
ke d’ adalah langkah ke-2 disebut secondo.
3. c’
ke e’ adalah langkah ke-3 disebut terts.
4. c’
ke f’ adalah langkah ke-4 disebut kuart.
5. c’
ke g’ adalah langkah ke-5 disebut kuin.
6. c’
ke a’ adalah langkah ke-6 disebut sekst.
7. c’
ke b’ adalah langkah ke-7 disebut septim.
8. c’
ke c’’adalah langkah ke-8 disebut oktaf.
Berdasarkan cara memainkannya interval dibagi menjadi dua, yaitu interval harmonis dan
interval
melodis. Interval harmonis adalah dua nada yang dibunyikan secara bersama.
Interval melodis adalah dua nada yang dibunyikan secara bergantian. Interval
melodis terdiri atas interval dari nada rendah ke nada tinggi(ascending
interval ) dan interval dari nada tinggi ke nada rendah descending interval)
Lagu Aku Cinta Lingkungan karya Ully SIgar Rusady dinyanyikan dengan nada dasar C= do birama 2/4 dan tempo lambat. Lagu Mariam Tomong diciptakan oleh Guru Nahum SItumorang dinyanyikan dengan nada dasar C= do, birama 4/4 dan tempo con brio artnya dinyanyikan dengan cepat dan bersemangat
Sumber : https://www.mikirbae.com/2021/12/rangkuman-materi-kelas-vi-tema-6.html
Komentar
Posting Komentar