Rangkuman Materi Kelas VI Tema 6 Subtema 1

Pada rangkuman materi tema 6 kelas 6 subtema 1, yang mencakup pembelajaran 1 sampai pembelajaran 6. Dalam rangkuman ini disajikan materi PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP. Berikut ini materi pokok yang ada di subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan.

  1. PPKn : Pelaksanaan kewajiban, hak dan tanggung jawab sebagai warga negara dan dampaknya di dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Bahasa Indonesia : Membahas tentang informasi yang diperoleh dari teks non fiksi yang dibacanya.
  3. IPA : Menyebutkan ciri ciri pubertas pada remaja laki laki dan perempuan.
  4. IPS : Memahami makna proklamasi kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan.
  5. SBdP : Memahami interval nada.

1. Rangkuman Muatan PPKN

Kompetensi Dasar

3.2

Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari

4.2

Menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari

Kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab

Kewajiban di rumah :

1.   Membantu orang tua

2.   Mengerjakan PR

3.   Sholat tepat waktu

4.   Menyapu halaman

5.   Mencuci piring setelah makan

6.   Menghormati orang tua

 Kewajiban di sekolah :

1.   Datang tepat waktu

2.   Menjaga kebersihan

3.   Memperhatikan guru yang sedang mengajar

4.   Mengikuti upacara bendera

5.   Menghormati para guru

6.   Piket kelas

 Kewajiban di masyarakat :

1.   Membuang sampah pada tempatnya

2.   Mengikuti kegiatan karang taruna

3.   Ikut dalam kerja bakti

4.   Menjaga kebersihan lingkungan

5.   Menjenguk tetangga yang sakit

 Upaya yang dapat dilakukan untuk mengisi kemerdekaan :

No

Upaya untuk mengisi kemerdekaan

1.

Rajin beribadah sesuai agama

2.

Belajar dengan giat, rajin dan tekun

3.

Mengikuti upacara kemerdekaan dengan hikmat

4.

Saling menghormati antar sesama

5.

Mengikuti perlombaan 17 Agustus yang diadakan Panitia setempat

6.

Ikut serta dalam mengemukakan gagasan/ide/pendapat di dalam kemerdekaan yang ada di kalangan masyarakat maupun sekolah

7.

Ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang ada di masyarakat

8.

Menghormati dan menghargai jasa tokoh-tokoh kemerdekaan dengan meneladani semangat kepahlawan.

9.

Menjaga dan memelihara semangat persatuan kesatuan

10.

Menolong orang yang membutuhkan.

 

2. Rangkuman Muatan Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar

3.7

Memperkirakan informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi sebelum membaca (hanya berdasarkan membaca judulnya saja)

4.7

Menyampaikan kemungkinan informasi yang diperoleh berdasarkan membaca judulteks nonfiksi secara lisan, tulis, dan visual

Berikut ini adalah langkah-langkah memperkirakan isi teks berdasarkan judul teks nonfiksi.

1. Perhatikan judul teks dengan cermat. Judul teks adalah kepala teks yang dapat menyiratkan secara pendek isi teks.

2. Menentukan kata kunci pada judul teks nonfiksi. Kata kunci merupakan kata yang mewakili informasi-informasi penting yang terdapat dalam teks.

3.  Memahami makna dari kata kunci. Dengan memahami makna dari kata kunci, maka kita dapat menemukan perkiraan isi teks.

4.  Memperkirakan isi teks. Setelah memahami kata kunci, kalian dapat memperkirakan isi teks berdasarkan judulnya saja.

 Membandingkan Perkiraan Informasi Sebelum dan Sesudah Membaca Teks

Kita dapat memperoleh lebih informasi dengan membaca teks yang tersedia, terkait dengan judul yang sama.. Untuk menemukan informasi dari teksi nonfiksi:

1.       Menentukan dahulu pokok-pokok pikiran yang terdapat dalam setiap paragraf.

2.      Menuliskan informasi dari teks dalam bentuk rangkuman.

 

Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia

1. Apa judul teks pada bacaan di atas?

Judul teks pada bacaan di atas adalah Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia

2. Apa kata kunci pada judul bacaan di atas?

Kata kunci pada bacaan di atas adalah Makna Proklamasi

3. Informasi apa yang diperoleh dari bacaan berdasarkan kata kunci?

Berdasarkan kata kunci "Makna Proklamasi" informasi yang diperoleh adalah proklamasi kemerdekaan dapat dijadikan sarana untuk menuju masyarakat yang sejahtera, adil, dan makmur.

4. Apa yang dapat kamu lakukan sebagai warga masyarakat dalam memaknai kemerdekaan?

Sebagai warga negara saya memaknail kemerdekaan dengan belajar dengan giat, mengikuti berbagai perlombaan, dan menjaga persatuan dan kesatuan dengan tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang merugikan masyarakat, belajar lebih tekun untuk memajukan bangsa, peduli terhadap lingkungan, dan menjaga kerukunan agar keutuhan NKRI terjaga.

 

Kerukunan di Kampung Wonorejo, Papua

1. Bacaan tersebut berjudul “Kerukunan di Kampung Wonorejo, Papua”

2. Kata kunci yang terdapat pada bacaan di antaranya: transmigran, kerukunan, perbedaan suku, agama, dan budaya.

3.  Berikut informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci.

Kampung Wonorejo menunjukkan tentang kerukunan dalam keberagaman. Semua warga kampung hidup rukun walaupun berbeda asal usul suku bangsa, agama, dan budaya. Keragaman suku bangsa menjadi modal sosial dalam pembangunan. 

Hubungan penduduk asli Papua dan warga transmigran tidak mengalami pengkotakan dalam menjalankan ibadah. Masing-masing tidak menajamkan identitas tradisi atau agama yang dapat membuat hubungan menjadi terganggu. Sebaliknya, mereka menganggap bahwa perbedaan budaya dan agama merupakan kekayaan yang harus dilestarikan.

Warga Kampung Kibay dan Kampung Wonorejo tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mereka juga menjaga persatuan dan kesatuan serta selalu menjunjung tinggi semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam segala perbedaan yang ada. Mereka memiliki jati diri sebagai bangsa Indonesia yang beretika dan santun, serta mempunyai jiwa gotong royong, dan toleransi tinggi. Mereka ingin menciptakan kehidupan di bumi Indonesia yang damai tenteram, hidup rukun berdampingan, terhindar dari segala macam bentuk radikalisme, terorisme, konflik sosial, perang saudara, dan ancaman perpecahan.

 Teks “Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar Sekolah

1.  Bahaya Pangan Jajanan tidak sehat di sekitar Sekolah.

2.  Bahaya pangan jajanan. Jajanan anak sekolah yang tidak sehat.

3.  Bahaya jajanan anak sekolah yang tidak sehat. Bahwa dalam lima tahun terakhir Badan POM, menunjukkan, masih banyak jajanan anak sekolah yang tidak sehat. Hasil pemantauan pangan jajanan anak berkisar 40-44 persen. Bahwa siswa sekolah dasar cenderung lebih mudah tertarik dengan makanan yang berwarna-warni cerah. Oleh karenanya, sangat diharapkan peran sekolah untuk menyediakan kantin yang menjual makanan sehat.

4.  Isi bacaan setelah membaca semua teks sama dengan isi bacaan sesuai kata kunci.

  

 3. Rangkuman Muatan IPA

Kompetensi Dasar

3.2

Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi

4.2

Menyajikan karya tentang cara imenyikapi ciri-ciri pubertas yang dialam

Pubertas adalah merupakan suatu tahap perkembangan seorang anak menjadi dewasa yang berkaitan dengan kematangan organ-organ reproduksinya. Sebagian besar anak perempuan memulai masa puber ketika mereka berusia antara 8 sampai 13 tahun. Sementara pada anak laki-laki, pubertas akan dialami saat mereka memasuki usia 10 hingga 16 tahun.

 Ciri-ciri pubertas pada perempuan

1.     Tumbuhnya payudara

2.     Mulai tumbunya rambut tipis di sekitar ketiak dan kemaluan

3.     Mengalami menstruasi

4.     Pinggul melebar

5.     Tinggi badan bertambah

6.     Terbentuknya hormon esterogen

7.     Mulai tumbuh jerawat

 Ciri-ciri pubertas pada laki-laki

1.     Tumbuh jakun

2.     Mulai tumbunya rambut tipis di sekitar ketiak dan kemaluan

3.     Tumbuh kumis

4.     Suara mulai berubah

5.     Dada menjadi lebih bidang

6.     Terbentuknya hormon testosteron

7.     Tinggi badan bertambah

8.     Mulai tumbuh jerawat

 

 4. Rangkuman Muatan IPS

Kompetensi Dasar

3.4

Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera

4.4

Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera

Makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia di antaranya sebagai berikut.

1.   Proklamasi sebagai pengakuan bangasa Indonesia telah merdeka dan berdaulat

2.   Proklamasi sebagai puncak perjuangan bangsa Indonesia.

3.   Proklamasi sebagai awal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

4.  Proklamasi kemerdekaan sebagai titik tolak perubahan hukum kolonial menjadi hukum nasional.

5.   Proklamasi menjadi pintu gerbang menuju masyarakat yang adil dan makmur.

Perilaku positif terhadap makna Proklamasi Kemerdekaan adalah perilaku kreatif, kritis, mandiri, berani membela kebenaran, dan menjunjung tinggi prinsip-prinsip, asas-asas serta tujuan hidup bernegara sebagaimana telah dikumandangkannya Proklamasi Kemerdekaan dan asas kerohanian Pancasila serta nilai-nilai yang terkandung dalam Undang-Undang Dasar 1945.

Perilaku positif terhadap makna Proklamasi Kemerdekaan berarti menghargai perjuangan para pahlawan bangsa. Penghargaan terhadap para pejuang bangsa serta para pahlawan bangsa dapat ditunjukkan dengan berbagai upaya untuk mengisi kemerdekaan guna tercapainya tujuan nasional bangsa Indonesia.


 5. Rangkuman Muatan SBdP

Kompetensi Dasar

3.2

Memahami interval nada

4.2

Memainkan interval nada melalui lagu dan alat musik

Interval adalah sebuah jangka ( langkah) dari nada ke nada lainnya. Jangka tersebut mempunyai nama tertentu yang disebut nama pangkat. Sebagai contoh jangka c’ ke d’ dalam tangga nada C mayor, d’ adalah langkah kedua. Langkah kedua mempunyai nada pangkat secondo. Interval selalu dibatasi oleh dua nada. Nada pertama disebut nada pangkal, nada kedua disebut nada selang. Sebagai contoh jika dalam tangga nada C mayor, nada c’ kita tetapkan sebagai nada pangkal, diperoleh nama-nama interval sebagai berikut.

Urutan tangga nada C mayor c’ d’ e’ f’ g’ a’ b’ c’’

1.    c’ ke c’ adalah langkah ke- 1 disebut prime.

2.    c’ ke d’ adalah langkah ke-2 disebut secondo.

3.    c’ ke e’ adalah langkah ke-3 disebut terts.

4.    c’ ke f’ adalah langkah ke-4 disebut kuart.

5.    c’ ke g’ adalah langkah ke-5 disebut kuin.

6.    c’ ke a’ adalah langkah ke-6 disebut sekst.

7.    c’ ke b’ adalah langkah ke-7 disebut septim.

8.    c’ ke c’’adalah langkah ke-8 disebut oktaf.

 Berdasarkan cara memainkannya interval dibagi menjadi dua, yaitu interval harmonis dan

interval melodis. Interval harmonis adalah dua nada yang dibunyikan secara bersama. Interval melodis adalah dua nada yang dibunyikan secara bergantian. Interval melodis terdiri atas interval dari nada rendah ke nada tinggi(ascending interval ) dan interval dari nada tinggi ke nada rendah descending interval)

Lagu Aku Cinta Lingkungan karya Ully SIgar Rusady dinyanyikan dengan nada dasar C= do birama 2/4 dan tempo lambat. Lagu Mariam Tomong diciptakan oleh Guru Nahum SItumorang dinyanyikan dengan nada dasar C= do, birama 4/4 dan tempo con brio artnya dinyanyikan dengan cepat dan bersemangat

Sumber : https://www.mikirbae.com/2021/12/rangkuman-materi-kelas-vi-tema-6.html 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan Contoh Kecap Rekaan Basa Sunda